Tutorial Pemrograman Android - Instalasi Software Pemrograman Android



Salam indonesia, pada tutorial kali ini saya akan membagikan secara gratis software yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi android dan bagaimana langkah-langkah instalasinya. Bagi anda yang belum membaca tutorial sebelumnya, saya sarankan anda terlebih dahulu membaca Tutorial Pemrograman Android - Pengenalan Pemrograman android. Nah, jika anda sudah mebaca tutorial sebelumnya, silahkan simak bagaimana langkah-langkah instalasi software yang dibutuhkan untuk membuat sebuah aplikasi android. Cekidot...

Berikut urutan langkah-langkah instalasi beserta link download software pemrograman android :

  1. Install Java (Silahkan Download Disini)
  2. Install Eclipse (Silahkan Download Disini)
  3. Install Android SDK (Silahkan Download Disini)
  4. Install ADT (Silahkan Download Disini)
  5. Menghubungkan Android SDK dengan Eclipse

Detail Langkah-langkah Instalasi :
1. Instalasi Java
Langkah pertama, yaitu jika java software devlopment kit belum ada dalam komputer yang akan anda gunakan, maka dianjurkan untuk instlasi java terlebih dahulu dengan cara mengklik file instlasi java yang sebelumnya sudah di download di link atas.
Instalasi Java
Instalasi Java


2. Instalasi Eclipse
Langka kedua, yaitu Instalasi Eclipse. Ketika instlasi eclipse dan adt dianjurkan anda dalam keadaan offline (tidak sedang koneksi dengan internet). Eclipse sebenarnya bukan dilakukan instlasi tetapi hanya ekstrack file. Ekstrack file eclipse ke folder dimana anda mau letakkan file eclipse (untuk standard anda dapat melakukan ekstrak di c:\Program files\ untuk windows atau /home/user1/Documents/ untuk linux).
Instalasi Eclipse
Instalasi Eclipse
Jika anda menggunakan linux ubuntu, eclipse merupakan packet software yang otomatis bisa anda install dengan perintah sudo apt-get install eclipse (tentunya set reposotory anda akif).
Untuk membuka eclipse, anda dapat masuk ke directory tempat eclipse di ekstract,
Eclipse

Double click file eclipse.exe


3. Instalasi Android SDK
Ekstrak file android Android SDK.rar ke directory dimana anda mau letakkan file android sdk
(standard)
Windows -> c:\program files\Android SDK (sebelum ekstract anda harus buat directory Android SDK dulu)
Linux -> /home/user1/Documents/Android SDK


4. Instalasi ADT
Ekstrack file ADT-8.0.1.zip sehingga terbentuk directory ADT-8.0.1. Kemudian buka eclips,  setelah itu pilih Help -> software update -> Add site -> pilih local -> browse direcoty ADT -> Centang/checlick -> next untuk instlasi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.
Instalasi ADT
Instalasi ADT

Instalasi ADT



Instalasi ADT


5. Menghubungkan Android SDK dengan Eclipse
Buka eclipse -> pilih preference -> pilih pilahan android -> pada path browse ke directory tempat penyimpanan Android SDK -> kemudian Apply -> sehingga muncul 4 platform yaitu platform android 2.3 dan platform android 2.2.
Menghubungkan Android SDK dengan Eclipse
Menghubungkan Android SDK dengan Eclipse
Gambar berisi semua platform android dari versi lama sampai dengan versi terbaru, pada instalasi kali ini hanya berisi platform android 2.2 dan 2.3,, karena platform itulah yang menurut saya paling stabil.

Selesai...
Setelah tahap instalasi telah selesai, tentunya anda akan membutuhkan sebuah emulator untuk menjalankan aplikasi anda buat sebelum di jadikan format .apk. Dan pada postingan selanjutnya, saya akan memberikan tutorial cara membuat Emulator/AVD android di Eclipse.


Postingan Selanjutnya :

Postingan Sebelumnya :
Jalan Kita said...

sip gan

Post a Comment

 
Copyright © 2015. TUTORIAL ANDROID - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com