Inilah Alasan Mengapa Saat ini Rupiah Lebih Tangguh Dibanding Ringgit Malaysia

Rupiah Lebih Tangguh Dibanding Ringgit
Rupiah Lebih Tangguh Dibanding Ringgit
 Sampai saat ini  mata uang indonesia/rupiah   terus bergerak di kisaran angka 14.000 per dolar AS. Sepanjang 2015, nilai tukar rupiah sudah melemah 12-13 persen. Jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, rupiah terlihat lebih stabil jika dibandingkan dengan mata uang ringgit malaysia.
Menurut pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia Anton Gunawan mengungkapkan  bahwa penyebab utama melemahan rupiah tak separah ringgit. "Kita relatif lebih bagus ya, sekali lagi relatif ya. Cadangan devisa (cadev) kami masih di US$107 miliar, mereka sudah turun sampai US$ 87 miliar dari US$ 140 miliar," tegas Anton saat berbincang dengan Liputan6.com seperti yang ditulis, Sabtu (5/9/2015).
Selama ini Bank Indonesia lebih menyesuaikan nilai tukar rupiah sesuai fundamentalnya. "Jadi perimbangan antara intervensi dengan melihat posisi cadangan devisa kita, tidak ada angka sakral apa itu US$ 100 miliar atau berapa itu tidak ada," tegas Anton.
‎Sampai saat ini nilai tukar mata uang ringgit Malaysia berada di kisaran 25 persen jika dibandingkan dengan tahun 2014. Penyebab permasalah ini yaitu  dikarenakan adanya rencana kenaikan‎ suku bunga oleh The Fed dan devaluasi Yuan yang dilakukan pemerintah China.
Selain itu kondisi Malaysia diperparah dengan adanya krisis kepercayaan masyarakatnya terhadap Perdana Menteri Najib Razak yang diperkirakan telah melakukan korupsi senilai 9,3 triliun rupiah. Hal ini menyebabkan demo besar-besaran yang menuntut Perdana mentri malaysia yakni Najib Razak turun dari jabatannya. Hal ini berbeda dengan kondisi di Indonesia yang secara fundamental menunjukkan kinerja yang membaik.

Sumber : www.liputan6.com 

Post a Comment

 
Copyright © 2015. TUTORIAL ANDROID - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com